suarasurabaya.net

Perkenalkan Korea Lewat Korean Culture Day
Laporan J. Totok Sumarno | Jumat, 18 Oktober 2019 | 19:26 WIB

Berfoto bersama mengenakan Hanbok, pakaian tradisional Korea di SMA Kristen Petra 4 Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Memperkenalkan berbagai aktivitas, Korean Culture Day yang digelar King Sejong Institute Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, Jumat (18/10/2019) di SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo, dalam rangka Korean Hangeul Day.

Dr. Liliek Soelistyo MA., Kepala King Sejong Institute (KSI) UK Petra Surabaya bahwa kegiatan kali ini memang menampilkan sekaligus memperkenalkan tradisi masyarakat Korea sebagai bagian memperingati Korean Hangeul Day.

"Acara ini digelar dalam rangka Korean Hangeul Day untuk memperkenalkan kebudayaan Korea di Indonesia khususnya Surabaya dengan cara yang menyenangkan. Dan serangkaian acara dikemas seperti permainan rally games," terang Liliek Soelistyo.

Korean Hangeul Day merupakan sebuah perayaan memperingati Hari Penciptaan Aksara Hangeul yang ditemukan Raja Sejong pada abad ke 15 di Korea. Dan pada acara di SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo menghadirkan 5 booth yang saling terhubung.

Booth Korean Food merupakan stand atau booth yang memperkenalkan Korea melalui makanan khas Korea. Diantaranya, Tteokbokki (kue beras), Bulgogi (daging berbumbu), Jabchae (Sohun Korea), Kimchi (asinan sayur), dan Chicken dimasak saos Korea.

Booth Korean Calligraphy, hadir untuk memperkenalkan tradisi menuliskan nama dengan menggunakan kuas khas tradisional Korea yang biasnaya ditempatkan pada media Kipas tradisional Korea.

Booth Korean Calligraphy 2 menampilkan kegiatan pengenalan tradisi membuat Kaligrafi berbahasa Hangeul yang berbentuk Stempel dan biasa dipakai oleh masyarakat Korea.

Photobooth memberikan kesempatan kepada peserta atau pengunjung mencoba mengenakan pakaian tradisional Korea atau Hanbok. Pada booth foto ini dengan menggunakan latar belakang rumah khas Korea serta Nami Island atau Pulau Nami yang indah.

Booth terakhir adalah Stage Center Booth yang menampilkan berbagai kesenian atau atraksi Korea. Mulai K-Pop Dance, Taekwondo, fashion show yang ditampilkan para siswa SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo.

Felicita Sekar staf King Sejong Institute (KSI) Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, menambahkan bahwa untuk dapat mencoba ke lima booth yang dihadirkan para siswa bisa mengikuti seluruh kegiatan dengan cara mengumpulkan stempel.

"Kami sebenanrnya mentargetkan ada 500 peserta. Mereka yang tercepat, 50 yang tercepat mengumpulkan stempel masing-masing booth, berhak menerima paket bingkisan dari kami. Tetapi yang terpenting para siswa siswi mengenal Korea," pungkas Felicita.(tok/tin/ipg)
top