suarasurabaya.net

Festival Sinema Prancis 2019, Diputar di 2 Kampus di Surabaya
Laporan J. Totok Sumarno | Rabu, 06 November 2019 | 14:11 WIB

ilustrasi
suarasurabaya.net| Festival Sinema Prancis 2019, dijadwalkan kembali digelar di Indonesia, Rabu (6/11/2019) sampai Minggu (10/11/2019) termasuk hadir di 2 kampus di kota Surabaya. Masing-masing di kampus UK Petra Surabaya dan Universitas Narotama Surabaya.

Festival Sinema Prancis digelar sejak 1996 dan diinisiasi sepenuhnya oleh Institut Prancis Indonesia (IFI), dan merupakan festival film asing pertama dan kesempatan utama bagi masyarakat Indonesia untuk menemukan keragaman dan kualitas produksi film Prancis.

Beberapa tahun terakhir, industri perfilman Indonesia semakin berkembang dan mengungguli industri perfilman di berbagai negara Asia Tenggara. Mulai dari produktivitas film, maupun pembangunan bioskop multipleks,.

Sebagai pasar baru yang menjanjikan, kini seluruh dunia memperhatikan pertumbuhan industri perfilman Indonesia. Dan dengan terus bertumbuh dan semakin tingginya minat menyaksikan film-film asing, Festival Sinema Prancis edisi ke 21 dihadirkan.

Sekurangnya 12 film Prancis pilihan yang menggambarkan semua genre, seperti komedi, aksi, drama, romansa, dokumenter, serta fantasi, dihadirkan pada Festival Sinema Prancis tersebut.

12 film Prancis aktual akan diputar di Indonesia, 5 di antaranya dapat dinikmati para pecinta film khususnya film-film Prancis di Kota Surabaya di 2 kampus masing-masing di Universitas Kristen (UK) Petra dan Universitas Narotama Surabaya.

Kamis (7/11/2019) Festival Sinema Prancis 2019 hadir di ruangan Petra Little Theater Kampus UK Petra Surabaya menampilkan film berjudul Jusqu a la garde yang dijadwalkan diputar pukul 16.00 WIB, dilanjutkan diskusi film bersama Benoit Bavouset Direktur IFI Surabaya.

"Pemutaran perdana di Surabaya, di kampus UK Petra Surabaya, dengan menghadirkan film berjudul: Jusqu a la grande. Dimulai pukul 16.00 WIB dilanjutkan dengan diskusi film bersama Benoit Bavouset Direktur IFI Surabaya di venue kampus UK Petra Surabaya," terang Khrisna Pramendha Atase Press IFI Surabaya.

Selanjutnya pada pukul 18.00 WIB diputar film kedua, Petit Paysan di tempat yang sama, UK Petra Surabaya. "Jangan khawatir untuk mereka yang tidak bisa berbahasa Prancis, seluruh film dilengkapi teks Bahasa Inggris," tambah Khrisna.

Sementara itu pada Jumat (8/11/2019) pelaksanaan Festival Sinema Prancis 2019 berpindah ke kampus Universitas Narotama Surabaya dengan memutar film lakon: Tout ce quil me reste de la revolution pada pukul 09.00 WIB dan dilanjutkan diskusi film.

Pemutaran film pada Festival Sinema Prancis 2019 juga dihelat di Mediatek IFI Surabaya. "Untuk seluruh pemutaran film di 2 kampus di UK Petra dan Universitas Narotama dan Mediatek IFI Surabaya tidka dipungut biaya, tetapi boleh melakukan reservasi," pungkas Khrisna, Rabu (6/11/2019).(tok/dwi)
top