suarasurabaya.net

Kaukus Pancasila Membagi Hibah Ensiklopedia Islam ke Sekolah-Sekolah di Nganjuk
Laporan Muchlis Fadjarudin | Senin, 02 Desember 2019 | 19:14 WIB

Eva Kusuma Sundari Ketua Kaukus Pancasila yang juga politisi PDIP. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net| Kaukus Pancasila mendapatkan hibah beberapa seri ensiklopedia tentang Islam dari Yayasan Ictiar Baru Van Hoeve (IBVH). Hibah buku seberat 70 ton tersebut kemudian disalurkan ke beberapa perpustakaan sekolah-sekolah di daerah Nganjuk.

Dalam rilis, Senin (2/12/2019), disebutkan kalau penyaluran hibah pertama dilaksanakan oleh Eva Kusuma Sundari Ketua Kaukus Pancasila yang juga politisi PDIP ke SDN Ganung Kidul Kabupaten Nganjuk. Penyerahan yang dilangsungkan pada tanggal 19 November 2019 tersebut diterima oleh Sunarti Plt Kepala Sekolah SDN beserta beberapa ibu guru SDN setempat.

Hibah disambut dengan gembira oleh Sunarti dan para ibu.

"Terima kasih kepada Kaukus Pancasila, karena ensiklopedia ini sangat kami butuhkan untuk mendukung program peningkatan literasi di sekolah kami," ujar Sunarti.

Di hari yang sama, penyerahan hibah buku dilanjutkan ke SDN Payaman 3 Nganjuk yang ditetapkan sebagai SDN percontohan di Kabupten Nganjuk. Eva Sundari, yang juga alumni tahun 77 SDN tersebut (dulu bernama SDN Megantoro) mengajak kawan seangkatannya yaitu Nurbanrawan dan Chen Hwee untuk berkunjung ke SDN tersebut.

Sambutan istimewa diberikan kepada Tim Kaukus Pancasila karena seluruh siswa dari kelas 1 sampai kelas 6 SD menyambut di halaman sekolah. Nawawi Kepala sekolah memutuskan menyelenggarakan pendidikan di luar kelas bertema Inspirasi yang berisi dialog antara alumni dan siswa-siswa.

Eva Sundari memulai membuka kelas dengan memberikan motivasi untuk para siswa untuk menjadi pribadi yang unik, kreatif dan inovatif.

"Tentukan cita-cita sejak dini dan wujudkanlah dengan kerja dan doa. Tapi, jangan lupa untuk selalu bahagia ya, Insya Allah para guru akan membantu," pesan Eva Sundari dengan sungguh-sungguh. Kelas dilanjutkan dengan dialog dan bernyanyi bersama Lagu Indonesia Pusaka.

Selain dua sekolah di atas , beberapa sekolah yang sudah menerima hibah buku antara lain SMKN 1 Nganjuk, SMK 2 PGRI, STIE, STKIP PGRI dan TK Al Wafa. Kaukus Pancasila akan melanjutkan menyerahkan hibah tersebut hingga akhir tahun 2019 ini.

Marhaen Jumadi Wakil Bupati Nganjuk menyambut baik kegiatan Kaukus Pancasila di Nganjuk.

"Saya gembira dengan hibah buku oleh Kaukus Pancasila. Tetapi, saya juga mengharap Kaukus Pancasila melanjutkan program Lomba Sekolah Bermartabat Pancasila seperti untuk SMP dan MTs yang lalu," jelasnya.

Selain pembagian hibah ensiklopedia, Kaukus Pancasila juga menyelenggarakan Lomba Sekolah Bermartabat Pancasila kerjasama dengan Kesbangpol Jatim pada Bulan Oktober lalu. Lomba berjalan sukses diikuti oleh 54 SMP dan Madrasah Tsanawiyah se-Kabupaten Nganjuk.(faz/iss)

top