suarasurabaya.net

Persediaan Tiket Mudik Kereta Api Mulai Habis
Laporan Tito Adam Primadani | Minggu, 26 Juni 2016 | 13:01 WIB

Pembeli tiket kereta api mandiri di Stasiun Gubeng Baru, Minggu (26/6/2016). Foto: Tito suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Persediaan tiket kereta api selama masa mudik mulai menipis. Pada Minggu (26/6/2016) siang, tiket yang sudah habis adalah tiket untuk KA Gaya Baru Malam, Pasundan, Logawa dan Sri Tanjung.

Sedangkan tiket kereta api mulai 2 Juli untuk beberapa jurusan sudah habis. Tiket yang masih tersisa hanya Jayabaya, Bima dan Bangunkarta.

Hal tersebut diketahui berdasarkan pantauan data sisa tempat duduk yang terdapat di layar dekat tempat pemesanan tiket di Stasiun Gubeng Surabaya, Minggu.

Arif Ramadhoni Sahabat PT KAI DAOPS 8 Surabaya mengatakan, masyarakat sudah bisa membeli tiket kereta api untuk perjalanan mudik sejak Mei 2016. Kereta api tujuan Purwokerto dan Kiara Condong Bandung menjadi tujuan terbanyak di Stasiun Gubeng.

"Pagi tadi saat pembukaan loket sudah terjadi penumpukan penumpang di Stasiun Gubeng Lama. Kebanyakan penumpang jurusan Blitar dan Madiun," ujarnya saat ditemui suarasurabaya.net, di Surabaya.

PT KAI Daops 8 juga menyediakan layanan "Sahabat PT KAI Daops 8" bagi masyarakat. Pelayanan ini disediakan sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

Sahabat PT KAI Daops 8 bertugas memberikan informasi kepada masyarakat mengenai jadwal perjalanan kereta, sisa tiket, membantu pelayanan pembelian tiket mandiri.

"Kami juga selalu mengingatkan kalau ada barang yang ketinggalan. Kalau ada barang hilang yang ditemukan, akan kami kirim kerumah. Kalau memang ada yang merasa kesulitan, bisa menghubungi kami," ujar Alex.

Sementara pelayanan pembelian tiket jalur mandiri memfasilitasi masyarakat agar tidak perlu membeli melalui loket.

"Simple dan gak perlu antri. Selain itu, saya bisa ngecek dulu sisa tiket untuk tanggal perjalanan kereta saya," ujar Siswanto calon penumpang.

Menurutnya, dia sangat terbantu oleh layanan ini. Meskipun dia sempat mengeluhkan proses pembayaran yang susah. Kartu pembayaran yang dia gunakan sering tidak terbaca.(tit/iss)
top