suarasurabaya.net

Waspadai Terjebak Macet di Jalur Ini Saat Lebaran
Laporan Bruriy Susanto | Senin, 27 Juni 2016 | 19:49 WIB

Peta 12 titik rawan kemacetan di Jawa Timur. Foto : repro Bruriy suarasurabaya.net.
suarasurabaya.net| Dinas Perhubungan Jawa Timur mengumumkan 12 lokasi yang rawan kemacetan dan harus dihindari para pemudik. Berikut 12 titik jalur utama rawan kemacetan tersebut:

1. Surabaya - Lamongan - Tuban, lokasinya di Jalan Raya Duduk Sampean kilometer 33.2 hingga 34.2. Faktor penyebabnya, karena jalan tersebut mengalami penyempitan (bottle neck), kemudian banyaknya persimpangan.

2. Surabaya - Mojokerto - Madiun - Magetan -Ngawi, lokasinya ada empat titik yang lebih banyak persimpangan. Pertama persimpangan Jalan Medaeng - Kletek, penyebabnya karena volume kendaraan melebihi kapasitas jalan. Kedua, simpang Kenanten Mojokerto, karena volume kendaraan lalu lintas dan jalan mengalami penyempitan. Ketiga, simpang empat Mengkreng, karena volume lalu lintas melebihi kapasitas jalan, perlintasan kereta api, jembatan menyempit, dan banyak pedagang kaki lima. Keempat, sepanjang Jalan Saradan - Wilangan, yang juga mengalami penyempitan.

3. Surabaya - Malang - Blitar - Tulungagung, lokasi kemacetan di pertigaan Gempol Lama. Kemacetannya disebabkan karena volume lalu lintas melebihi kapasitas jalan, sehingga mengalami crossing. Kemudian, dari Purwosari ke Lawang, Singosari, Karanglo, Malang, Kepanjen, karena volume kendaraan.

4. Surabaya - Probolinggo - Situbondo - Banyuwangi, faktor penyebab kemacetannya karena penyempitan jalan dan banyaknya rumah makan yang ada di pinggir jalan.

5. Surabaya - Bangkalan - Sumenep, kemacetannya karena ada pasar tumpah di Tanah Merah dan Blega.

6. Babat - Bojonegoro - Ngawi, kemacetan terjadi di pasar tradisional Babat.

7. Ponorogo menuju Trenggalek, sepanjang jalan ini kemacetannya karena volume kendaraan yang melebihi kapasitas jalan.

8. Kertosono - Kediri - Tulungagung - Trenggalek, kemacetan sepanjang ruas jalan tersebut karena volume kendaraan yang melebihi kapasitas jalan.

9. Malang - Batu, sering terjadi kemacetan karena banyaknya volume kendaraan yang ada di ruas jalan Karanglo, Batu.

10. Malang - Dampit - Lumajang, kemacetannya karena volume kendaraan arus lalu lintas.

11. Madiun - Ponorogo - Pacitan, kemacetannya karena volume kendaraan arus lalu lintas.

12. Probolinggo - Lumajang - Jember - Banyuwangi. Faktor kemacetannya disebabkan karena aktivitas pasar tradisional Ranuyoso dan jalan yang menanjak. (bry/iss/ipg)
top