suarasurabaya.net

Hari Ini Kemenag Gelar Sidang Itsbat Tentukan Idul Fitri
Laporan Jose Asmanu | Senin, 04 Juli 2016 | 07:55 WIB

Ilustrasi
suarasurabaya.net| Kementerian Agama RI pada Senin (4/7/2016) ini akan menggelar sidang itsbat untuk menetapkan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H.

Sidang itsbat ini akan dilaksanakan di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jakarta.

Melalui mekanisme sidang itsbat, Kemenag akan mengumumkan kapan berakhirnya bulan Ramadhan dan ditetapkannya Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437H.

Sementara berdasarkan hisab atau perhitungan kalender qomariyah, hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H diperkirakan jatuh pada hari Rabu (6/7/2016).

Perkiraan tersebut akan dikonfirmasi melalui rukyatul hilal yang menjadi pegangan pemerintah dalam menentukan awal Ramadhan dan Idul Fitri.

Proses sidang akan dimulai pukul 17.00 WIB diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Syawal 1437 H.

Lukman Hakim Menteri Agama RI mengatakan, sidang itsbat akan dihadiri oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Syawal 1437 akan dimusyawarahkan dalam sidang itsbat awal Syawal untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Syawal 1437 H.

Adapun proses sidang itsbatnya dijadwalkan berlangsung selepas shalat Maghrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

Kementerian Agama akan menurunkan sejumlah pemantau hilal Syawal 1437 H di seluruh provinsi di Indonesia.

Mereka berasal dari petugas Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama dan Ormas Islam.

Lokasi rukyatul hilal awal Syawal 1437H di Jawa Timur antara lain Pantai Sunan Drajat /Tanjung Kodok Paciran Lamongan, Bukit Banyu Urip Desa Banyu Urip Kecamatan Senori Kabupaten Tuban, Bukit Perahu Lapan Kabupaten Pasuruan, Menara Masjid Agung Surabaya, Helipad AURI Ngliyep Kabupaten Malang, Pantai Serang Kabupaten Blitar, Pantai Srau Pacitan, Bukit Wonotirto Blitar, Pantai Nyamplong Kobong Jember, Gunung Sadeng Jember, Pantai Pecinan Situbondo, Pantai Pancur Alas Purwo Banyuwangi, Pantai Ambat Tlanakan Pamekasan, Bukit Condrodipo Gresik, Pantai Gebbang Bangkalan, Bukit Wonocolo Bojonegoro, Pulau Gili Kabupaten Probolinggo, Pantai Pasongsongan Sumenep, Pantai Kalisangka Kangean Sumenep, Pantai Bawean Kabupaten Gresik dan satuan Radar 222 Ploso di Kaboh Kabupaten Jombang. (jos/dwi)
top