suarasurabaya.net

Timnas U-16 Tantang Jepang ke Semifinal Turnamen Jenesys
Laporan Dwi Yuli Handayani | Sabtu, 10 Maret 2018 | 08:42 WIB

Tim Nasional Indonesia U-16. Foto : pssi.org
suarasurabaya.net| Timnas U-16 atau sering dijuluki Pasukan Garuda Asia, mendapatkan kemenangan kedua di grup B Turnamen Jenesys melawan Kamboja dengan skor 5-0 di Lapangan Yamazakura Kirishima Prefektur Miyazaki General Athletic Park Pitch 2, Jumat (9/3/2018).

Dengan hasil ini tim polesan pelatih Fakhri Husaini melangkah ke semifinal melawan Jepang sebagai juara grup A.

"Saya bersyukur atas kemenangan kedua ini. Gol cepat dari Zico membuktikan bahwa anak-anak memperagakan permainan apik, menekan lawan mulai dari awal pertandingan," beber Fakhri yang dilansir pssi.org.

Menurutnya, babak pertama Timnas U-16 menguasai jalannya pertandingan. Namun masuk babak kedua, Kamboja tampil lebih bertahan dan kompak.

"Masuk babak kedua, lawan tampil lebih bertahan dan kompak. Itu sempat menyulitkan kami. Saya juga melakukan beberapa pergantian pemain" ujarnya.

Pertandingan Indonesia melawan Kamboja dimulai dengan tempo cepat dengan Indonesia langsung menekan pertahanan lawan. Pertandingan baru berjalan dua menit, Sutan Zico langsung bisa mencetak gol.

Tidak puas dengan satu gol, menit ke 30 Hamsa Lestaluhu berhasil memecahkan kebuntuan sekaligus menutup babak pertama dengan keunggulan timnas U-16 2-0.

Pada babak kedua, pasukan yang dipimpin oleh kapten Andre Oktaviansyah itu berhasil menambah pundi-pundi golnya melalui Mochammad Supriadi menit 71 dan 73.

Kemudian disusul Hamsa Lestaluhu yang juga mencetak gol keduanya di menit 78 sekaligus menutup pertandingan dengan kemenangan timnas U-16 5-0.

"Gol-gol dari para pencetak gol itu tidak mungkin terjadi tanpa bantuan dari rekan-rekan yang lain. Ini berkat kerja sama tim dan saya melihat koordinasi dan komunikasi antar pemain terus berkembang baik," kata Fakhri.

Kemenangan ini membawa timnas Indonesia harus menghadapi tuan rumah Jepang yang sebelumnya menang 22-0 atas Timor Leste dan berhasil lolos ke semifinal setela menang 2-1 atas Malaysia. (tna/ipg)
top