suarasurabaya.net


Indonesia Masters 2019

Tiga Pasang Ganda Indonesia Lolos ke Babak Final
Laporan Ika Suryani Syarief | Sabtu, 26 Januari 2019 | 17:47 WIB

Tiga pasangan ganda Indonesia lolos ke babak final turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2019. Foto: PBSI
suarasurabaya.net| Tiga pasang ganda Indonesia berhasil mendapat tiket untuk melaju ke babak final dalam turnamen Indonesia masters 2019, setelah berhasil menaklukkan lawannya pada putaran semifinal, Sabtu (26/1/2019) yang diselenggarakan di Istora Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Ketiganya adalah Pasangan ganda putra senior Henda Setiawan/Mohammad Ahsan dan juniornya Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, serta ganda campuran Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Henda Setiawan/Mohammad Ahsan

Hendra/Ahsan yang kerap disapa The Daddies oleh para penggemarnya ini, berhasil menumbangkan lawannya, Han Chengkai/Zhou Haodong pasangan ganda dari China. The Daddies menang dalam dua gim 21-11, 21-17 selama 29 menit turnamen tingkat Super 500 itu.

"Kami banyak melakukan tekanan kepada mereka agar permainan mereka tidak berkembang. Kami tetap fokus dengan permainan kami sehingga musuh yang melakukan kesalahan," ujar Ahsan selepas pertandingan dilansir Antara.

Ganda putra Indonesia peringkat delapan dunia itu lebih banyak mengandalkan bola drop shot, lob, dan pukulan depan net meskipun sesekali tetap melakukan Smash.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Sementara itu, pasangan Marcus/Kevin yang mendapat julukan Minions ini berhasil menaklukkan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen ganda putra asal Denmark dengan dua gim langsung 21-19, 21-19 dalam waktu 22 menit.

"Di game pertama kami mainnya ketat, waktu unggul 20-16 mereka menyusul dan kami agak goyang. Kami lebih percaya diri di game kedua, mainnya lebih enak dan lawan tidak bisa keluar dari tekanan," tutur Kevin.

Dengan begitu, dalam putaran final yang digelar Minggu (27/1/2019) besok, Hendra/Ahsan akan berhadapan dengan rekan se-tim nya Marcus/Kevin. Sudah dapat dipastikan gelar juara dan runner up ganda putra dalam turnamen Indonesia Masters 2019 akan jatuh ke tangan Indonesia.

"Hendra/Ahsan pengalamannya banyak, mereka lebih sering main di sini (Istora) daripada kami, jam terbangnya tinggi, pasti lebih tahu cara dapet poinnya," ungkap Marcus soal laga final melawan seniornya, Hendra/Ahsan.

Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir

Ketiga adalah Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir pasangan ganda campuran Indonesia juga dipastikan akan turut menyumbangkan gelarnya untuk Indonesia dalam tunamen kali ini. Owi/Butet berhasil melaju ke babak final setelah menyingkirkan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying pasangan Malaysia dalam dua gim 22-20, 21-11 dengan catatan waktu 34 menit.

Dilansir Antara, Owi/Butet terlihat telat panas diawal gim pertama. Namun, pelan tapi pasti mampu mengejar poin demi poin untuk mengejar ganda campuran Malaysia dan menyamakan kedudukan 16-16 dan menutup gim pertama dengan kemenangan 22-20.

Di gim kedua, pasanggan unggulan keempat asal Indonesia itu tak terbendung dan terus memimpin dari awal gim hingga menutup pertandingan dengan skor 21-11.

"Kita kuncinya ada di gim pertama. Gim pertama itu poinnya ketat dan mempet. Di sana, kita lebih tenang daripada Malaysia ketika berada di poin-poin kritis," kata Butet usai pertandingan.

Di babak final, Owi/Butet akan menantang Zhang Siwei/Huang Yaqiong pasangan unggulan pertama dari China yang sebelumnya mengalahkan ganda campuran Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino 11-21 21-14 21-11.

Dilansir laman resmi PBSI, Laga final Daihatsu Indonesia Masters 2019 akan dilangsungkan besok, Minggu (27/1), mulai pukul 13.00 WIB. Namun sebelumnya, pada pukul 12.00 WIB akan digelar acara Liliyana Natsir's Farewell Event. (ant/wil)

top