suarasurabaya.net

Resmi Gantung Raket, Lilyana Natsir Pamitan ke Jokowi Presiden
Laporan Farid Kusuma | Selasa, 29 Januari 2019 | 14:46 WIB

Lilyana Natsir pebulutangkis nasional yang memutuskan pensiun (kiri), berpamitan dengan Joko Widodo Presiden (kanan), Selasa (29/1/2019), di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Lilyana Natsir mantan atlet bulutangkis nasional yang baru saja mengumumkan pensiun sebagai atlet profesional, hari ini, Selasa (29/1/2019), mendatangi Istana Kepresidenan Jakarta.

Kedatangan perempuan yang akrab disapa Butet bersama Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), diterima Joko Widodo Presiden yang didampingi Pratikno Mensesneg, di Istana Merdeka.

Sesudah berbincang santai sekitar 10 menit, Butet menyempatkan foto bareng Presiden dan Menpora di lorong menuju pintu sebelah selatan Istana Merdeka.

Dalam keterangannya, Presiden mengatakan Indonesia dan dunia bulutangkis kehilangan sosok Butet, atlet berprestasi yang sudah mengharumkan nama bangsa di berbagai ajang bergengsi.

"Indonesia dan dunia tentu kehilangan Butet yang memutuskan pensiun, setelah sekian tahun berkarier dan memenangi berbagai kejuaraan," kata Presiden di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Jokowi berharap, Butet menginspirasi altet bulutangkis nasional yang masih junior, untuk menorehkan prestasi membanggakan Indonesia.

Selain itu, secara khusus Presiden meminta Butet yang akan menjadi pegawai negeri sipil (PNS), mau turun ke daerah, memotivasi atlet muda yang berlatih di berbagai klub bulutangkis.

Pada kesempatan itu, Lilyana Natsir menyatakan siap memenuhi instruksi Presiden, memotivasi para atlet bulutangkis muda.

"Semoga prestasi saya bisa memotivasi adik-adik untuk lebih berprestasi membawa nama bangsa dan negara Indonesia di kancah internasional. Kalau saya dibutuhkan untuk membantu memotivasi, menjadi inspirasi untuk adik-adik saya siap," ucapnya.

Selain itu, Butet juga berharap, tradisi medali emas tetap terjaga pada Olimpiade 2020, yang rencananya digelar di Tokyo, Jepang.

Sekadar diketahui, sepanjang kariernya, Lilyana Natsir sudah menorehkan sederet prestasi, antara lain meraih medali emas ganda campuran Kejuaraan Dunia tahun 2005, serta Juara Dunia Badminton tahun 2006 dan 2007, waktu berpasangan dengan Nova Widianto.

Butet juga meraih medali emas sektor ganda putri SEA Games 2007, waktu berpasangan dengan Vita Marissa.

Catatan prestasi Lilyana Natsir semakin bertambah waktu main bareng Tontowi Ahmad mulai tahun 2010. Pasangan ganda campuran itu memenangi kejuaraan All England tiga tahun beruntun, dari tahun 2012-2014.

Puncaknya, duet Butet dan Owi berhasil meraih medali emas Olimpiade Rio 2016, sesudah mengalahkan ganda campuran asal Malaysia di partai final. (rid/dwi)
top