suarasurabaya.net

Ratusan Peserta dari Berbagai Daerah Bersiap Ikuti Kejuaraan Fin Swimming
Laporan Agustina Suminar | Kamis, 14 Maret 2019 | 17:59 WIB

Mirza Mutaqin Ketua umum Pengurus Provinsi Pengprov POSSI Jawa Timur. Foto: Budi Laksono Suara Surabaya
suarasurabaya.net| Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Pengprov POSSI) Jawa Timur sedang inten melakukan pengembangan pembinaan kepada para atlet. Salah satu diantaranya dengan mengadakan Kejuaraan Daerah Fin Swimming 2019, yang akan di gelar di Kolam Renang Koni Jatim 16 dan 17 Maret mendatang.

Mirza Mutaqin Ketua umum Pengurus Provinsi Pengprov POSSI Jawa Timur mengatakan, kejuaran ini bagian dari pembinaan reguler yang selalu digelar dalam setiap tahunnya.

"Kejuaraan ini diantaranya akan dijadikan bagian dari program seleksi dan evaluasi atlet Jatim, termasuk yang disiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional PON Papua 2020," ujarnya kepada Suara Surabaya, Kamis (14/3/2019).

Ia juga mengatakan, jumlah peserta dalam kejuaraan daerah Fin Swimming yang di gelar di Kolam Renang KONI pekan ini diluar dugaan penyelenggara.

"Meningkat dibanding pelaksanaan yang sama tahun lalu. Kalau di 2018 hanya 555 peserta, di tahun ini meningkat menjadi 571 atlet. Jumlah daerah pesertanya juga naik, kalau tahun lalu 21 pengurus cabang kabupaten kota - pengcab pengkot, tahun ini menjadi 26 pengcab - pengkot," tambah Mirza.

Menurutnya, peningkatan ini yang cukup membanggakan. Maka dari itu, pembinaan cabang olahraga Selam di daerah terus meningkat.

Ia berharap, di kejuaraan daerah Fin Swimming tahun ini, antusiasme penonton untuk datang ke lokasi pertandingan juga meningkat. Sehingga diharapkan, cabang olahraga Selam semakin dikenal masyarakat.

Ini dikarenakan cabor aquatik tidak hanya renang, namun Selam juga menjadi bagian penting dari sumber pendapatan medali Jatim di persaingan Pekan Olahraga Nasional ataupun lainnya.

Untuk terus mengembangkan pembinaan di cabang olahraga Selam, Pengprov POSSI Jatim juga rencana akan menggelar kejuaraan daerah untuk nomor laut.

Kejuaraan tersebut akan digelar di Pasir Putih Situbondo pada 25 Maret mendatang. Kejuaraan ini juga sebagai bagian dari upaya pengprov POSSI Jatim untuk menjaring dan mendapatkan atlet-atlet berbakat baru untuk persiapan Kejuaraan Nasional-Kejurnas ataupun PON Papua 2020.(bud/tin/rst)
top