suarasurabaya.net

Kejurprov Balap Motor di Ponorogo Jadi Seleksi untuk PON Papua
Laporan Ika Suryani Syarief | Minggu, 13 Oktober 2019 | 12:25 WIB

Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Balap Motor Jawa Timur 2019 di Alun-Alun Ponorogo, Minggu (13/10/2019). Foto: Fitriana Ayu Suara Surabaya
suarasurabaya.net| Alun-alun Ponorogo dipilih jadi sirkuit gelaran Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Balap Motor Jawa Timur yang ke-6 dari total 7 putaran di musim 2019.

Agus Sucahyo Wasekjen Pengprov Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jatim mengatakan dipilihnya Ponorogo karena sudah masuk kalender tahunan Kejurprov Balap Motor Jatim, lokasinya layak. Lebar lintasan meski bukan permanen, sudah memenuhi persyaratan sesuai peraturan kompetisi balap motor IMI. Dilengkapi sarana pendukung, ada area paddock untuk tim peserta, parkir untuk penonton, dan kanan kiri Alun-alun juga banyak UMKM, itulah yang jadi daya tarik olahraga balap motor dikonsep dengan wisata Sport Tourism.

"Karakter lintasan alun-alun Ponorogo cukup bagus. Hanya saja ke depannya, izin pemakaian lintasan alun-alun, bisa memakai total keseluruhan sirkuit, lebih panjang tidak seperti saat ini yang memakai setengah lintasan. Pebalap hanya sebentar menyelesaikan beberapa putaran saja, seperti letter L," kata Agus Sucahyo kepada Fitriana Ayu, reporter Suara Surabaya.

Saat ditanya akan dibawa ke mana para juara di setiap putaran bahkan umum dari Kejurprov Balap Motor Jatim, Agus Sucahyo mengatakan tidak menutup kemungkinan mereka bisa diikutkan dalam gelaran Pekan Olahraga Provinsi PON ke-20 di Papua. Meski pertengahan September lalu, sudah ada nama nama pebalap yang membela kontingen Jatim saat PON. IMI Jatim terus memantau perkembangan setiap pebalap motor di Jatim.

Kelas utama MP 1,2,3,4,5,6 dan 16 kelas tambahan. Di antaranya ada kelas Skutic (skuter matic) Wanita 115 CC. Dan yang selalu jadi kelas favorit sejak musim lalu di setiap ajang balap motor kelas Mini GP. Diikuti para pebalap usia sampai dengan 9 dan 12 tahun.

Haki Salma Manajer Tim Mini GP dari Tulungagung mengatakan, Kejurprov Jatim ini jadi jenjang karir para pebalap kecil, sebelum mengendarai motor di kelas utama Motor Prix - MP sampai jadi pebalap Professional, layaknya di kelas utama dunia MotoGP seperti Valentino Rossi dan Marc Marquez yang jadi idola para pebalap kecil. Bahkan perkembangan MiniGP diakui Haki Salma yang membawa 5 pebalap cilik ke Ponorogo kali ini, perkembangan kompetisinya meski masih jadi suppporting class, sangat baik untuk masa mendatang. Apalagi hanya Madura yang masih jadi daerah yang MiniGP nya bisa jadi pesaing di Jatim.

Di gelaran Kejurprov Balap Motor Jawa Timur kali ini juga diikuti Tommy Salim, pebalap Surabaya, kakak Gerry Salim yang sekarang turun di FIM Moto 3 Junior World Championship di Sirkuit Albacete Spanyol. Kejurprov putaran terakhir rencananya digelar pekan ke-3 Oktober 2019.(ayu/iss)
top

m.suarasurabaya.net © 2016
versi desktop