suarasurabaya.net

KPU Surabaya: Sampai Pagi Ini Baru Lima Parpol yang Mendaftar ke KPU
Laporan Agustina Suminar | Selasa, 17 Juli 2018 | 10:06 WIB

Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Hari Selasa (17/7/2018) ini menjadi hari terakhir pendaftaran calon legislatif yang akan mengikuti Pileg 2019 nanti. Surabaya yang harusnya diikuti 16 partai politik (parpol), hingga pukul 08.00 WIB masih 5 parpol yang mendaftar.

"Surabaya sudah ada lima parpol yang mendaftar. Kalau kemarin ahad (minggu, red) yang daftar ada Perindo dan PSI, kalau kemarin (senin, red) ada PKB, Hanura, PKS," ujar Nurul Amalia Komisioner KPU Surabaya kepada Radio Suara Surabaya, Selasa (17/7/2018).

Ia menyebut, 11 parpol yang belum mendaftar akan diberi kesempatan hingga pukul 24.00 WIB nanti. Namun jika hingga batas waktu masih ada yang belum menyempurnakan berkas, maka pihak KPU tidak akan memberikan tambahan waktu.

Untuk mengatasi banyaknya parpol yang mendaftar pada detik-detik terakhir penutupan, KPU Surabaya menyediakan lima meja pendaftaran, dimana setiap meja pelayanan dijaga tiga petugas.

"Kami sudah membagi tim dalam melayani parpol yang akan di kantor, jadi kalau ada partai yang datang maka ada petugas a,b,c yang akan melayani sampai selesai pembekasan. Kami sediakan lima meja, satu meja ada tiga orang," ujarnya.

Beredasarkan pengalaman tahun sebelumnya, lanjut Nurul, setiap pendaftaran parpol biasanya akna memakan waktu selama tiga jam. Mayoritas setiap parpol akan mendaftarakan sebanyak 50 caleg. Namun waktu pelayanan akan lebih singkat jika jumlah caleg yang didaftarkan akan kurang dari 50 caleg.

Menurut Nurul, kebanyakan parpol masih mempertanyakan berkas calon. Padahal menurutnya, selama satu bulan ini, pihak KPU telah melakukan sosialisasi sebanyak tiga kali dan bahkan membentuk grub chatting online dengan perwakilan parpol untuk mempermudah komunikasi.

"Kebanyakan yang ditanyakan tentang dokumen calon. Jadi saat mendaftar ada dua dokumen yang harus dibedakan, dokumen pencalonan dan dokumen calon. Kalau dokumen pencalonan 1 partai 1 dokumen, harus tanda-tangan basah, stempel basah dari pimpinan parpol. Lalu ada dokumen calon, setiap individu/calon ada dokumen, daftar riwayat hidup, kesehatan, bebas pidana, SKCK, dan lain-lain," tambahnya.

Nurul juga mengingatkan kepada parpol atau bakal calon yang akan mendaftar untuk memperhatikan berkas-berkas persyaratan. Ini dikarenakan saat berkas telah diperiksa dan dirasa belum lengkap, maka semua berkas akan dikembalikan untuk diperbaiki. Namun jika waktu pendaftaran telah habis, maka KPU tidak akan menerima lagi pendaftaran apapun.(tin/dwi)
top