suarasurabaya.net

Dari Ribuan Bacaleg Hanya 300-an yang Dinyatakan Memenuhi Syarat
Laporan Denza Perdana | Selasa, 24 Juli 2018 | 22:30 WIB

Ilustrasi. Pendaftaran bacaleg DPD RI di KPU Provinsi Jawa Timur. Foto: kpujatim.go.id
suarasurabaya.net| KPU mendata, total sebanyak 1.670 bakal calon legislatif (bacaleg) yang didaftarkan 16 partai politik untuk 14 daerah pemilihan (dapil) di Jawa Timur. Tapi baru 385 dokumen persyaratan bacaleg dinyatakan memenuhi syarat.

Muhammad Arbayanto Komisioner Divisi Teknis KPU Provinsi Jawa Timur mengatakan, soal jumlah bacaleg yang didaftarkan 16 parpol untuk 14 dapil, jumlahnya seharusnya lebih dari 1.670 bacaleg.

"Semestinya jumlahnya 1.920 bacaleg kalau semua dapil terisi penuh. Artinya, tidak semua parpol memenuhi kursi di semua dapil. Ada beberapa yang tidak penuh," katanya dalam temu media di Kantor KPU Jatim, Selasa (24/7/2018).

Berkaitan jumlah dokumen persyaratan bacaleg, KPU menyatakan jumlah dokumen persyaratan calon yang memenuhi syarat baru 385 saja. Masih ada 1.285 dokumen bacaleg yang dinyatakan belum memenuhi syarat.

Ada dua faktor yang menyebabkan ribuan dokumen persyaratan bacaleg belum memenuhi syarat: karena bacaleg belum melengkapi dokumen, atau dokumen yang sudah diserahkan tapi secara aturan tidak sah.

"Untuk dokumen yang sudah diserahkan tapi belum memenuhi syarat, faktornya banyak. Paling banyak soal perbedaan nama KTP dengan di Ijazah," kata pria yang biasa dipanggil Arba itu.

Kebanyakan bacaleg dengan masalah itu, belum melengkapi surat keterangan dari sekolah yang menyatakan dokumen ijazah itu memang nama seperti yang disebut di dalam KTP.

Adapun faktor lain yang cukup sering ditemukan, bacaleg belum melengkapi surat keterangan sehat jasmani rohani dan bebas napza, serta kesalahan pengisian formulir persyaratan yang ada.

"Di masa perbaikan ini, bacaleg yang belum melengkapi dokumen masih ada kesempatan untuk memperbaiki sampai tanggal 31 Juli nanti," kata pria yang biasa dipanggil Arba itu.

Demi membantu para bacaleg, KPU Jatim membentuk tim help desk di Kantor KPU Jatim yang mana dalam satu tim itu terdiri dari dua personel yang akan mengkonfirmasi dokumen sudah memenuhi syarat atau masih perlu dilengkapi.(den/iss)
top