suarasurabaya.net

Kapolri dan Panglima TNI Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2018
Laporan Muchlis Fadjarudin | Selasa, 18 September 2018 | 10:57 WIB

Jendral Tito Karnavian Kapolri saat apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata yang berlangsung di lapangan Monas ini untuk pengamanan Pemilu 2019. Foto: Faiz suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Kapolri dan Panglima TNI memimpin apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2018, apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata yang berlangsung di lapangan Monas ini untuk pengamanan Pemilu 2019. Peserta Apel terdiri dari Pasukan Polri, TNI, Satpol PP maupun Petugas Pemadam Kebakaran.

Jendral Tito Karnavian Kapolri mengatakan Pemilu serentak 2019 nanti boleh dikatakan unik karena berlangsung bersamaan antara Pemilu Presiden dn Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRD tingkat I (Propinsi) dan DPRD tingkat II (Kabupaten/Kota).

"Tahun depan ini, kita akan menghadapi Pemilu yang cukup unik, yaitu Pemilu serentak Presiden dan Wakil Presiden serta anggota legislatif baik Nasional, Propinsi dan Kabupaten/Kota," ujar Tito dalam pidatonya di lapangan Monas, Selasa (18/9/2018).

Polri dan TNI, kata Tito harus solid dalam melaksanakan tugas pengamanan Pemilu serentak 2019 nanti karena itu kunci utama.

"Sekali lagi, saya minta rekan-rekan jajaran TNI dan Polri untuk tetap solid yakni Polri adalah saudara TNI, TNI saudaranya Polri. Kita adalah mitra terpenting dari bangsa ini," jelas Kapolri.

Menurut Tito, Polri dan TNI akan menjaga jangan sampai masyarakat terbelah dalam pesta demokrasi, demi menjaga NKRI.

"Apapun risikonya, Pemilu 2019 harus berlangsung aman, damai, lancar, kompetisi berlangsung secara sehat, dan tidak boleh terjadi konflik yang menimbulkan korban dan perpecahan bangsa. Yang jelas, NKRI harga mati," tegasnya.

Sementara Marsekal Hadi Tjahjanto Panglima TNI mengaku bangga dengan Polri dan TNI yang Solid dalm melaksanakan pengamanan.

Dia mencontohkn kesolidan TNI Polri terbukti dalam pengamanan mudik dan balik lebaran, Asian Games ke XVIII tahun 2018 lalu, sehingga banyak negara mengapresiasinya.

"Asian Games ke XVIII dapat dilaksanakan secara aman dan mendapat apresiasi dari seluruh negara peserta Asian Games. Ini adalah prestasi," kata Hadi.

Masih banyak pengamanan yang harus dilakukan TNI dan Polri diantaranya KTT IMF dan Pemilu 2019. Panglima berharap, TNI dan Polri terus menjaga kesolidan yang sudah berjalan ini.

Selain unsur TNI dan Polri, Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata ini juga dihadiri oleh KPU, Bawaslu, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).(faz/dwi/rst)
top