suarasurabaya.net

KPU Surabaya Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu 2019
Laporan Anggi Widya Permani | Sabtu, 16 Februari 2019 | 20:44 WIB

Pekerja melipat surat suara untuk Pemilu 2019, di salah satu gudang, di Kalilom Lor, Surabaya, Sabtu (16/2/2019). Foto: Anggi suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya mulai menyortir dan melipat surat suara untuk Pemilu 2019, di salah satu gudang, di Kalilom Lor, Surabaya, Sabtu (16/2/2019). Dalam proses pelipatan ini, KPU melibatkan sekitar 200 pekerja.

Nurul Amalia Divisi Teknis KPU Surabaya mengatakan, surat suara yang sudah diterima ini adalah DPRD Kota Surabaya untuk Dapil 3 dan Dapil 2. Dengan rincian, ada 406.530 surat suara Dapil 3 dan 478.804 surat suara Dapil 2.

KPU Surabaya juga telah menerima sebagian surat suara untuk Dapil 1, dengan jumlah 280.000 surat. Sedangkan untuk surat suara Dapil 4 dan Dapil 5, belum dikirim oleh percetakan.

"Hari ini yang dikirim lengkap sama percetakan adalah Dapil Surabaya 3, dan Dapil 2. Sementara untuk Dapil 1 baru sebagian yang dikirim. Dapil 4 dan 5 masih belum dikirim," kata Nurul, Sabtu (16/2/2019).

Untuk mengantisipasi agar tidak tertukar, kata dia, surat suara disortir dan dilipat per Dapil. Setelah dilipat, surat suara tersebut akan dipacking, disisihkan, dan diberi garis polisi.

"Targetnya hari ini melipat Dapil 3 dan Dapil 2. Kalau sudah selesai, baru dilipat Dapil yang sudah lengkap. Jadi, kami antisipasi agar tidak tertukar, melipatnya per Dapil. Selesai kami packing, lalu disisihkan dulu. Baru mengerjakan Dapil berikutnya," jelasnya.

Sementara untuk kekurangan surat suara seperti Pilpres, DPRD Provinsi, DPR RI, dan DPD serta surat suara cadangannya akan dikirim secara bertahap. Ditargetkan, sebelum tanggal 25 Maret mendatang surat suara sudah selesai dikirim.

Terkait pengamanan gudang surat suara, KPU Surabaya telah menempatkan 1 orang penjaga dibantu dengan 2 orang petugas dari Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Gudang tersebut akan dijaga ketat setiap harinya,sampai surat suara didistribusikan ke kecamatan. Pengamanan juga ditambah dengan 6 CCTV yang terpasang. (ang/iss)

top