suarasurabaya.net

Sortir Surat Suara Rampung, Logistik Siap Dikirim ke Pulau Bawean
Laporan Dwi Yuli Handayani | Kamis, 14 Maret 2019 | 12:30 WIB

Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik, Jawa Timur, bersiap mengirimkan logistik surat suara pelaksanaan pemlihan umum ke Pulau Bawean, setelah hari ini merampungkan penyortiran surat suara untuk pemilihan presiden.

"Hari ini sortiran surat suara pilpres telah rampung dan rencananya akan dikirim ke Pulau Bawean awal April 2019," kata Akhmad Roni Ketua KPU Kabupaten Gresik dikonfirmasi di Gresik, Kamis (14/3/2019).

Roni mengatakan, KPU Gresik telah melakukan beberapa tahapan sortiran dan sebelumnya dilakukan untuk surat suara pemilihan legislatif.

"Hari ini atau tahap terakhir usai sudah sortiran untuk surat suara pilpres dengan bentuk surat suara cukup sederhana dan tidak telalu lebar seperti surat suara caleg," katanya, seperti dilansir Antara.

Terkait pengiriman logistik ke Pulau Bawean, Roni memperkirakan tim KPU Gresik akan membagi pengiriman dalam tiga tahap, karena jumlahnya cukup banyak serta kapasitas kapal yang tidak memadai untuk pengiriman langsung.

Tahap pertama dan kedua dilakukan pada 1 April dan 3 April 2019, selanjutnya tahap ketiga masih belum ditentukan jadwalnya, sebab menunggu jadwal kapal penyeberangan ke Pulau Bawean yang tidak bisa dilakukan setiap hari.

Namun demikian, Roni memastikan jarak waktu pengiriman logistik tahap tiga tidak akan terlalu jauh, serta dikawal petugas Polres Gresik dan langsung diamankan di kantor kecamatan setempat.

Secara umum, kata dia, Pulau Bawean terbagi menjadi dua kecamatan, yakni Kecamatan Sangkapura dengan total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 39.870 pemilih dan Kecamatan Tambak dengan total DPT 22.890 pemilih.

Sedangkan jumlah total DPT di Kabupaten Gresik per awal Januari 2019 dari hasil pencermatan petugas mencapai 927.045 orang. (ant/dwi/ipg)
top