suarasurabaya.net

Lebih 500 Ribu Personel Telah Siap Amankan Pemilu Serentak 2019
Laporan Muchlis Fadjarudin | Rabu, 20 Maret 2019 | 16:53 WIB

Wiranto Menkopolhukam saat melakukan video conference di kantornya, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2019). Foto: Faiz suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Wiranto Menkopolhukam bersama Kapolri, Panglima TNI, Badan Intelijen Negara (BIN), KPU dan Bawaslu telah mengadakan video conference dengan aparat keamanan di seluruh daerah di Indonesia.

Video conference tersebut video conference dalam rangka koordinasi kesiapan pengamanan tahapan masa rapat umum/kampanye serta tahapan penghitungan suara Pemilu Serentak 17 April 2019 nanti.

Wiranto menjelaskan, dari hasil pengecekan seluruh aparat keamanan di daerah, mereka telah siap mengamankan Pemilu.

"Hasil pengecekan terakhir ke seluruh wilayah,aparat keamanan sudah siap mengamankan Pemilu," ujar Wiranto usai melakukan video conference di kantornya, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2019).

Menurut Wiranto, aparat keamanan yang dikerahkan untuk mengamankan Pemilu baik dari TNI maupun Polri adalah lebih 500 ribu personel.

"Dari angka yang kita peroleh disini, personel yang dikerahkan antara kepolisian dan aparat TNI itu sebanyak 593.812 personel. Besar sekali atau hampir sebagian personel kita dikerahkan untuk itu," jelasnya.

Kata dia, pengerahan ratusan ribu personel itu bukan show off force tapi merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah untuk mengamankan Pemilu agar aman dan sukses.

Menkopolhukam menegaskan, aparat keamanan saat ini sudah berada dan siap di daerah-daerah menjalankan intruksi dan peran masing-masing.

"Dan semua sudah tergelar di lapangan dengan berbagai petunjuk dan intruksi dari pimpinan untuk siapa dan berbuat apa dalam rangka mengamankan (Pemilu) ini," tegas Wiranto.(faz/dwi)
top