suarasurabaya.net

Amankan Pemilu 2019, Pasmar 2 Siagakan Standby Force
Laporan J. Totok Sumarno | Selasa, 16 April 2019 | 14:53 WIB

Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi Danpasmar 2 saat berdialog dengan pasukan standby force pengamanan Pemilu 2019. Foto: Dispen Kormar
suarasurabaya.net| Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M., Komandan Pasmar 2, Selasa (16/4/2019) periksa tim patroli Pasmar 2 untuk pengamanan Pemilu 2019, juga siagakan standby force, di Mako Pasmar 2 Kesatrian Marinir Moekijat Gedangan, Sidoarjo.

Selain pasukan yang sudah tergelar pada posisi sebagai perkuatan dan atas permintaan Polri, Marinir dalam hal ini Pasmar 2 juga menyiapkan pasukan sebagai standby force dalam jumlah yang cukup besar, yang ditempatkan pada 3 titik, yaitu di Kesatrian Marinir R Suhadi Mako Brigif 2 Mar Gedangan Sidoarjo, di Kesatrian Marinir Sutedi Senaputera Karangpilang dan di Kesatrian Marinir R Soepraptono Semarung Ujung Surabaya, yang siap digerakkan di wilayah timur.

Sedangkan untuk memantau perkembangan situasi dan memberikan bantuan perkuatan secara cepat, Pasmar 2 juga telah menyiapkan tim Patroli dengan personil dan material yang bisa diandalkan, termasuk alat komunikasi yang selalu terhubung dengan pusat pengendali di Mako Pasmar 2.

"Tim Patroli agar tetap siaga, sewaktu-waktu di perlukan harus dalam kondisi siap, untuk mengantisipasi setiap perkembangan situasi dan memberikan bantuan atas permintaan baik itu dari Polri ataupun TNI lainnya, dengan harapan terciptanya situasi yang aman dan kondusif selama pelaksanaan Pilpres dan Pileg tahun 2019," terang Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M.


Pasukan khusus diturunkan bersiaga sebagai bagian dari standby force pengamanan Pemilu 2019. Foto Dispen Kormar

Sementara itu, 8 SST (Satuan Setingkat Peleton) Prajurit Marinir TNI AL dari Pasmar 2, ikuti Apel Pergeseran Pasukan untuk pengamanan jelang Pemilu 2019, Rabu (17/4/2019).

"Sinergitas antar instansi terkait, adalah merupakan bukti keseriusan dalam menjalankan pengamanan Pemilu Tahun 2019 demi kedamaian pesta demokrasi yang salah satunya menjadi tanggung jawab bersama," terang AKBP Zain Dwi Nugroho SH.SIK.Msi., Kapolresta Sidoarjo yang memimpin apel.

Lebih lanjut dikatakan, penekanan yang harus dilaksanakan oleh peserta pengamanan TPS antara lain menjalin sinergitas, dan tetap adakan koordinasi yang baik dengan Instansi TNI, tokoh politik, toko agama, toko pemuda dan komponen masyarakat lain, secara terpadu serta adakan deteksi dini agar lebih mudah dalam menangkal setiap gangguan yang akan berkembang.

Tegakkan hukum secara tegas dan tetap mengedepankan sifat yang humanis, serta hindari tindakan yang arogan yang tidak mencerminkan perilaku sebagai abdi negara, dan memperdayakan segala sarana dan prasarana yang ada secara maksimal.

"Saat pelaksanaan tugas agar memberikan perintah yang jelas dan tegas sehingga para Stakeholder dapat menjalankan peran masing masing," tegas Kapolresta Sidoarjo.

Selain 8 SST Marinir TNI AL dari Pasmar 2, peserta apel lainnya adalah 1 SST dari Subgar 0816/Sda, 1 SST dari Kodim 0816/Sda, 1 SST dari Puspenerbal, dan 1 SST Hansip.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH. M.Hum, Asisten Operasi Danpasmar 2 Kolonel Marinir Edi Prayitno, Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Achmad Syaifuddin SH, Wakapolresta Sidoarjo AKBP M Anggi N. Siregar SIK.Msi, Kabid Tribuntranmas Satpol PP Sidoarjo Yani Setiawan SH dan Jajaran Forkopimda Sidoarjo.(tok/ipg)
top