suarasurabaya.net

Pemilih Terdaftar tapi Tak Punya C6 dan Pemegang A5 Bisa Nyoblos Sejak Pukul 7 Pagi
Laporan Agung Hari Baskoro | Selasa, 16 April 2019 | 15:22 WIB

Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Pemilih yang terdaftar dalam DPT tapi tidak memiliki formulir C6 dan perantau yang memiliki formulir A5 bisa menggunakan hak pilihnya sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB pada Rabu (17/4/2019).

Miftakhul Gufron Komisioner KPU Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan mengatakan, hingga H-1 coblosan, masih banyak masyarakat yang bingung dan mendatangi Kantor KPU Surabaya untuk bertanya.

Bagi pemilih yang terdaftar di DPT namun tidak mendapat C6, bisa langsung datang ke TPS dan panitia akan mengecek keberadaan pemilih dalam DPT yang ditempel di masing-masing TPS. Ia juga menyebut petugas yang ada di lokasi adalah warga asli daerah tersebut sehingga mengetahui mana yang warga sekitar dan bukan, sehingga tak akan terjadi masalah.

"Apakah yang bersangkutan masuk DPT atau tidak, berdasarkan KTP-el yang dibawa. Pasti itu screening awalnya di situ. Kalo yang bersangkutan masuk DPT kemudian tidak punya C6 maka dia juga berhak untuk mencoblos untuk memilih disitu," ujar Gufron ketika ditemui di Kantor KPU Surabaya pada Selasa (16/4/2019).

Selain itu, perantau yang telah mendapatkan form A5 atau pindah pilih, akan diberikan hak yang sama yaitu dapat mencoblos sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

Ia mengatakan, hanya warga yang memiliki KTP-el dengan domisili sekitar TPS namun tidak terdaftar di DPT yang hanya boleh mencoblos pada pukul 12.00 hingga 13.00 WIB. Gufron menyebut, pemilih ini akan dikategorikan sebagai pemilih khusus.

"Kalau yang daftar pemilih khusus itu, dia akan dilayani di atas jam 12.00 WIB sampai 13.00 WIB. Kalau dia datang lebih dahulu, tidak dilayani karena dia tidak masuk dalam DPT," ungkapnya.

Setelah pukul 13.00 WIB, petugas KPPS akan menyelesaikan antrean yang ada sebelum ditutupnya TPS dan setelah itu dapat melakukan penghitungan suara. Gufron menyebut, penghitungan suara bisa digelar hingga pukul 12.00 WIB keesokan harinya pada tanggal 18 April 2019 tanpa jeda. (bas/iss/ipg)
top