suarasurabaya.net

Tahapan PSU Metode Pos di Kuala Lumpur Dimulai
Laporan Zumrotul Abidin | Sabtu, 27 April 2019 | 21:00 WIB

Bimbingan Teknis Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (Bimtek KPPSLN) di KBRI Kuala Lumpur, Sabtu (27/4/2019). Foto: Antara.
suarasurabaya.net| Panitia Pemilihan Luar Negeri Kuala Lumpur memulai tahapan pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) metode pos dengan melaksanakan bimbingan teknis kelompok penyelenggara pemungutan suara luar negeri (KPPSLN) di KBRI Kuala Lumpur, Sabtu (27/4/2019).

Acara bimtek KPPSLN diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Yaza Azzahara Ulyana Ketua Panwaslu Kuala Lumpur dan Agung Cahaya Sumirat Ketua PPLN Kuala Lumpur.

Acara selanjutnya diisi pemateri bimtek oleh Yudi M Nugraha anggota PPLN dan Fajar Sindu Tim Asistensi PPLN.

Sebanyak 128 KPPSLN menyiapkan logistik untuk PSU metode pos yang mulai dikirim ke pemilih warga negara Indonesia (WNI) melalui Pos Malaysia secara bertahap selama tiga kali pengiriman, yakni Senin (29/4/2019), Jumat (3/5/2019) dan Senin (6/5/2019).

Mereka langsung bekerja hingga pukul 24.00 setelah mengikuti bimtek KPPSLN sejak pukul 14.00 waktu setempat.

Yaza Azzahara Ulyana Ketua Panwaslu Kuala Lumpur dalam pengarahannya meminta anggota KPPSLN memahami teknis pengerjaan surat suara pos.

"Kami imbau teman-teman untuk memahami teknis pengerjaan surat suara pos terlebih dahulu. Belajar dari sebelumnya teman-teman kurang memperhatikan arahan PPLN. Surat suara kita terbatas sehingga tidak bisa ditoleransi kesalahan yang disengaja atau tidak. Kita tak ingin terjadi lagi," katanya dilansir Antara.

Yaza mengatakan pihaknya akan selalu mendampingi bila ada persoalan terkait PSU metode pos.

Agung Cahaya Sumirat Ketua PPLN Kuala Lumpur meminta ketua dan anggota KPPSLN memahami kelengkapan formulir PSU yang harus diisi dan ditandatangani seperti model C1 presiden/wapres dan model C1 DPR RI sehingga aspirasi pemilih tidak sia-sia.

Pada kesempatan tersebut PPLN dan tim asistensi juga memperagakan cara pengisian C1 plano dan cara pemindahannya ke dalam model C1 hologram. (ant/bid)
top