suarasurabaya.net

Di Acara Syukuran PPLN Wellington,Tantowi Ajak Berdoa Untuk Anggota KPPS Yang Meninggal
Laporan Muchlis Fadjarudin | Minggu, 28 April 2019 | 20:17 WIB

Tantowi Yahya Dubes RI untuk Selandia Baru, Samoa dan Tonga. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net| Pelaksanaan Pemilu di Selandia Baru telah terlaksana dengan sukses dan lancar. Meski ada beberapa kekurangan, tapi secara umum pelaksanaan berlangsung lancar dan kondusif.

"Ini semua berkat kerja keras semua pihak khususnya PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri), Kelompok Panitia Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) dan masyarakat Indonesia di Selandia Baru," ujar Tantowi Yahya Dubes RI untuk Selandia Baru, Samoa dan Tonga dalam keterangan tertulisnya, Minggu (28/4/2019).

Mengapresiasi kerja keras mereka tersebut, kata Tantowi, Sabtu malam (27/4/2019) KBRI Wellington mengadakan malam syukuran yang dihadiri oleh tidak kurang dari 200 undangan yang terdiri dari PPLN, KPPSLN, masyarakat pelajar dan mahasiswa. Suasana menjadi meriah karena kehadiran penyanyi dan musisi kondang dari tanah air seperti Vina Panduwinata, Addie MS, Memes, Ita Purnamasari, Irianti Erningpraja yang kebenaran sedang berlibur di Selandia Baru.

"Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpin oleh Addie MS yang membangkitkan nuansa nasionalisme," jelasnya.

Setelah itu Tantowi mengajak segenap yang hadir untuk menundukkan kepala sembari mendoakan agar para petugas KPPS yang meninggal dalam tugas mendapat tempat terbaik di sisiNya.

"Mereka yang meninggal dalam tugas dalam rangka memastikan Pemilu berlangsung dengan baik, jujur dan adik layak disebut sebagai pahlawan demokrasi. Pengorbanan mereka layak kita apresiasi," kata Tantowi.

Dubes Tantowi Yahya dalam sambutannya dihadapan 33 PPLN/KPSLN dan masyarakat Indonesia yang hadir, menyampaikan bahwa kesuksesan penyelenggaraan Pemilu di Selandia Baru tidak hanya berkat dari dukungan dan partisipasi dari seluruh masyarakat Indonesia di Selandia Baru, tetapi juga ini adalah kerja keras PPLN dan KPPSLN selama beberapa bulan terakhir bekerja demi terselenggaranya pemilu yang jujur, bersih, adil dan transparan.

Kepada seluruh PPLN/KPPSLN Selandia Baru diberikan Sertifikat oleh Duta Besar Tantowi sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras dan dedikasinya atas penyelenggaraan pemilu tahun 2019.

Sekadar diketahui, Pemilu di Selandia Baru telah dilaksanakan pada tanggal 13 April 2019 melalui TPS dan POS. Perhitungan surapun telah dilakukan secara serentak pada tanggal 17 April 2019 dengan menghasilkan, pasangan calon (paslon) No. 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma`ruf Amin unggul dengan perolehan 85 persen (2085 suara), sedangkan paslon No.02 Prabowo-Sandiaga Uno memperoleh 13 persen (312 suara) dan 2 persen (44 suara) surat suara tidak sah.

Sementara itu, untuk pemilihan legislatif anggota DPR RI suara terbesar diambil oleh PSI dengan 37.82 persen disusul oleh PDI-P (37.38 persen), PKS (7.30 persen), Gerindra (3.4 persen), Nasdem (2.99 persen), Golkar (2.86 persen) dan PKB (2.59 persen). Partai lainya seperti PAN, Demokrat, Perindo, PPP, Hanura, PBB, Garuda, Berkarya dan PKPI memperoleh suara di bawah 2 persen.

Kehadiran para artis penyanyi benar-benar membuat suasana meriah. Memes, Irianti Erningpraja, Ita Purnamasari dan Vina Panduwinata secara bergilir tampil membawakan lagu-lagu hit mereka. Berkumandanglah Terlanjur Sayang, Pasti Ada Kamu, Cintaku Padamu, Di Dadaku dan Aku Makin Cinta. Para penyanyi ini juga tidak segan untuk berinteraksi dengan penonton yang membuat suasana demikian akrab. Waktu dua jam berlalu begitu cepat, malam semakin larut dan pertunjukan harus diakhiri.

"Kami benar-benar mendapat hadiah besar atas kerja keras kami selama 13 bulan dengan penampilan para artis kondang ini," ujar Ridwan, Ketua PPLN Wellington.

"Meski ini dalam rangka syukuran, tapi penampilan para penyanyi sangat total yang membuat ini seperti konser sungguhan," ujar seorang warga yang hadir.(faz/dwi)
top