suarasurabaya.net

KPU Kota Kediri Sebut Partisipasi Pemilih Hingga 86,19 Persen
Laporan Ika Suryani Syarief | Selasa, 30 April 2019 | 21:18 WIB

Ilustrasi.
suarasurabaya.net| Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Jawa Timur, menyebut tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019 ini mampu melampaui target yang telah ditetapkan oleh KPU RI dimana capaiannya di Kota Kediri hingga 86,19 persen.

"Partisipasi kami sebenarnya targetkan 80 persen. Kalau dari KPU RI 77,5 persen dan Alhamdulillah di Kota Kediri mencapai 86,19 persen," kata Agus Rofik Ketua KPU Kota Kediri setelah proses rekapitulasi tingkat KPU di sebuah hotel Kota Kediri, Selasa (30/4/2019).

Ia mengatakan, tingkat partisipasi tersebut juga lebih baik ketimbang dalam pemilu lima tahun lalu. Dimana saat Pemilu Presiden hanya kurang lebih 69 persen dan pemilu legislatif hanya 74 persen.

Dirinya mengungkapkan banyak faktor yang mempu memengaruhi tingginya partisipasi masyarakat tersebut misalya gencarnya sosialisasi yang telah dilakukan oleh KPU, PPK, relawan demokrasi, tokoh agama, dan sejumlah elemen lainnya.

"Dan juga tidak ketinggalan bagian pengamanan yang ikut sosialisaikan pemilu. Dan, kami nilai pemilu ini benar-benar mendapatkan animo yang tinggi di masyarakat, sehingga partisipasi meningkat terutama untuk Pemilu Presiden," kata dia seperti dilansir Antara.

Sementara itu, Mansyur Ketua Bawaslu Kota Kediri mengatakan dari hasil rekapitulasi tersebut memang menunjukkan tingkat partisipasi masyarakat yang cukup tinggi dan sesuai dengan target dari KPU. Hal itu karena koordinasi yang baik dengan semua pihak.

"Ini semua koordinasi baik dengan polisi, bawaslu, KPU, sama-sama turun untuk meningkatkan partisipasi baik pengawasan yang ikut mengamankan juga sampai di TPS. Babisna juga kami undang untuk ikut berpartisipasi menyampaikan pada peserta pemilu," kata dia.

Terkait dengan aduan, Mansyur mengakui ada beberapa yang masuk. Namun, itu semua bisa selesai saat proses rekapitulasi di tingkat kecamatan, sehingga saat rekapitulasi di tingkat KPU Kota Kediri berjalan dengan tertib dan lancar.

KPU Kota Kediri memutuskan bahwa dari hasil rekapitulasi Pemilu Presiden 2019 di Kota Kediri, pasangan nomor urut 1 (Jokowi-Ma'ruf), mendapatkan suara 143.991, sedangkan pasangan nomor urut dua (Prabowo-Sandi) memperoleh 38.955 suara.

Agus Rofik Ketua KPU Kota Kediri mengatakan KPU segera menyampaikan pada para saksi terkait dengan hasil Pemilu 2019 tersebut. Mereka mendapatkan berita acara baik dari pasangan calon Presiden nomor urut satu maupun calon Presiden nomor urut dua. Selain itu, partai juga mendapatkan termasuk dari tim DPD.

"Kami juga sampaikan ke bawaslu setelah itu dikirim ke provinsi untuk jenis pemilihan yang direkap untuk provinsi. Kalau yang DPRD Kota Kediri sudah langsung kami tetapkan dalam bentuk SK dan akan dikirimkan juga ke KPU RI melalui Provinsi Jatim untuk ditetapkan hasil pemilu secara nasional," kata Gus Rofik, sapaan akrabnya.(ant/iss/ipg)
top