suarasurabaya.net

MPR RI Siap Melantik Presiden dan Wapres Terpilih
Laporan Muchlis Fadjarudin | Selasa, 15 Oktober 2019 | 18:48 WIB

(dari kanan ke kiri) Jenderal Tito Karnavian Kapolri, Marsekal Hadi Tjahjanto Panglima TNI, Bambang Soesatyo Ketua MPR RI, Puan Ketua DPR RI, dan Jenderal (Pol) Budi Gunawan Kepala BIN, dalam konferensi pers usai menggelar rapat koordinasi di gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Foto: Faiz suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) menyatakan siap melantik Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Hal ini ditegaskan Bambang Soesatyo (Bamsoet) Ketua MPR RI dalam konferensi pers usai menggelar rapat koordinasi dengan Panglima TNI, Kapolri, Kepala BIN dan KPU di gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Menurut Bamsoet, dari penjelasan Marsekal Hadi Tjahjanto Panglima TNI, Jenderal Tito Karnavian Kapolri, dan Jenderal (Pol) Budi Gunawan Kepala BIN, situasi keamanan kondusif dan bisa diatasi.

"Alhamdulillah dari penjelasan dari Bapak Panglima, Bapak Kapolri dan Bapak Kepala BIN bahwa situasi keamanan kondusif dan masih bisa diatasi dan diantisipasi dengan segala kemungkinannya yakni untuk acara 20 Oktober 2019 pukul 14.30 WIB dapat berjalan dengan aman dan tertib," ujar Bamsoet.

Pengamanan tersebut, kata Bamsoet, mulai dari detik keberangkatan presiden sampai ke DPR, kemudian dari DPR ke istana sudah diantisipasi dengan berbagai kekuatan penuh, dengan seluruh perlengkapan dan peralatan yang ada, yang akan disiapkan oleh panglima TNI dan Kapolri.

Selain itu, Bamsoet menjelaskan kalau pengamanan juga diberikan kepada tamu negara, mulai dari Bandara Halim Perdana Kusumah maupun Bandara Soekarno Hatta sampai ke acara pelantikan.

"Kemudian juga perjalanan tamu- tamu negara mulai dari penjemputan di Halim dan Soekarno Hatta maupun di tempat tempat penginapan mereka. Mereka rata-rata datang tamu negara, ada yang kepala negara, kemudian kepala pemerintahan, utusan khusus menginap di beberapa hotel di Jakarta, dimana pengamanannya dan pengawalnya akan ketat dan sampai ke Senayan untuk mengikuti acara pelantikan," jelasnya.

Begitu juga para anggota DPR, kata dia, akan diberikan pengawalan jika diperlukan agar mereka bisa sampai ke Senayan dengan selamat, aman dan lancar.

"Yang terpenting adalah pesan kami dari Senayan bersama panglima TNI, Kapolri dan Kepala BIN pada seluruh rakyat Indonesia bahwa pelantikan Presiden harus berlangsung dengan khidmat. Karena ini akan membawa pesan positif bagi bangsa kita di dunia internasional," tegasnya.

"Sekali lagi mohon doa pada seluruh rakyat Indonesia dan adik- adik mahasiswa, mari kita rapatkan barisan bergandengan tangan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Indonesia," pungkas Bamsoet.(faz/ipg)
top