suarasurabaya.net

Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri Rencananya Digelar Minggu Ini
Laporan Muchlis Fadjarudin | Senin, 28 Oktober 2019 | 14:19 WIB

Sufmi Dasco Ahmad Wakil Ketua DPR RI. Foto: Dok./Faiz suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Sufmi Dasco Ahmad Wakil Ketua DPR RI menjelaskan kalau uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kapolri rencananya akan digelar minggu ini.

Menurut Sufmi, paling lambat, Komisi-Komisi di DPR akan siap Selasa (29/10/2019) besok.

"Ini paling lambat besok, Komisi sudah siap. Pak Azis (Azis Syamsudin wakil ketua DPR) di bidang Korpolhukam nanti sore atau besok akan menetapkan Komisi," ujar Sufmi di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Kata dia, hari ini akan ada Rapat Pimpinan (Rapim) DPR membahas surat presiden (Surpres) calon Kapolri dan mengagendakan rapat paripurna yang akan menugaskan Komisi III melakukan fit and proper test.

"Kemudian hari ini kita ada Rapim untuk membahas surpres Kapolri tersebut, dan kalau jadi besok setelah rapat bamus akan digelar rapat paripurna yang isinya antara lain menugaskan komisi III untuk melakukan fit and proper test Kapolri," jelasnya.

Sufmi mengatakan, sejauh ini tidak ada penolakan terhadap Komjen (Pol) Idham Aziz Kabareskrim yang diajukan Joko Widodo Presiden sebagai calon tunggal Kapolri.

"Seperti yang lalu-lalu Presiden selalu mengirimkan satu nama ke DPR. Kalau tidak ada satu dan lain hal diluar DPR kemungkinan besar kawan-kawan sampai saat ini tidak ada penolakan yang dikirim oleh Presiden," tegasnya.

Secara pribadi, Sufmi menilai sosok Idham Aziz dilihat dari berbagai hal sudah memenuhi kapasitas sebagai Kapolri.

"Menurut saya sosok Idham Aziz itu dari segi kapasitas, angkatan dan hasil kerja, saya kira sudah memenuhi kapasitas sebagai Kapolri," pungkas Sufmi.(faz/tin)

top