suarasurabaya.net

Komisi III Bulat Setujui Idham Aziz Menjadi Calon Kapolri
Laporan Muchlis Fadjarudin | Rabu, 30 Oktober 2019 | 18:16 WIB

Komjen (Pol) Idham Aziz calon Kapolri. Foto: Faiz suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Komisi III menyetujui secara aklamasi Komjen (Pol) Idham Aziz sebagai calon Kapolri. Ini setelah Komisi III merampungkan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

"Semua fraksi berkesimpulan tidak perlu membuat pandangan fraksi, namun keputusan yang diambil adalah dari semua Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) melalui aklamasi menyetujui saudara Komjen Idham Aziz menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia," ujar Herman Herry Ketua Komisi III di ruang Komisi usai fit and proper test, Rabu (30/10/2019).

Dengan disetujuinya Idham Aziz ini, kata Herman, Komisi III akan segera bersurat ke pimpinan DPR RI untuk mengagendakan rapat paripurna pengesahan Kapolri terpilih.

"Sore ini juga, kita akan bersurat ke pimpinaan DPR agar besok segera digelar rapat paripurna," jelasnya.

Sementara Idham Aziz mengucapkan syukur atas keputusan Komisi III yang menyetujuinya menjadi calon Kapolri.

Idham juga menyampaikan terima kasihnya kepada Joko Widodo Presiden yang telah memberikan amanah dan kepercayaan terhadap dirinya, termasuk kepada masyarakat maupun Komisi III.

"Tadi telah diputuskan secara aklamasi menetapkan saya untuk melanjutkan kepemimpinan Kepala Kepolisian Republik Indonesia berikutnya. Tentu saya mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, kepada bapak Jokowi Presiden Republik Indonesia yang telah memberikan amanah dan kepercayaan kepada saya untuk melaksanakan tugas ini, kepada seluruh masyarakat Indonesia dan Komisi III," ujar Idham usai fit and proper test.

Idham mohon doa untuk melaksanakan amanah menjadi Kapolri dengan penuh rasa tangung jawab.

"Saya juga mohon doa restu untuk bisa melaksanakan amanah ini dengan penuh rasa tanggung jawab,"pungkas Idham.

Sekadar diketahui, fit and proper test di Komisi III berlangsung hampir dua jam. Setelah itu, dalam waktu 20 menit, Komisi III langsung aklamasi menyetujui Idham Aziz menjadi Kapolri menggantikan Jendral (Pol) Tito Karnavian yang saat ini telah menjabat sebagai Mendagri.(faz/dwi)

top