suarasurabaya.net

Rapat Paripurna DPR Aklamasi Setujui Idham Aziz Menjadi Calon Kapolri Terpilih
Laporan Muchlis Fadjarudin | Kamis, 31 Oktober 2019 | 19:10 WIB

Pengesahan Komjen (Pol) Idham Aziz Calon Kapolri di Gedung DPR, Kamis (31/10/2019). Foto: Faiz suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| DPR RI menggelar Rapat Paripurna dengan agenda pengesahan Komjen (Pol) Idham Aziz Calon Kapolri. Dipimpin Puan Maharani Ketua DPR, rapat paripurna diawali dengan laporan Herman Herry. Ketua Komisi III soal Fit and Proper Test Calon Kapolri.

Herman Herry menjelaskan kalau Komisi III telah melakukan kunjungan ke kediaman Idham Aziz Calon Kapolri pada hari Rabu (30/10/2019).

"Komisi III DPR RI mengawali uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap calon Kapolri dengan melakukan kunjungan ke kediaman calon Kapolri guna melihat langsung profil dan kehidupan sehari-hari calon Kapolri, termasuk dukungan keluarga serta kehidupan sosial di lingkungan tinggalnya," ujar Herman dalam laporannya di rapat paripurna di Gedung DPR, Kamis (31/10/2019).

Di hari yang sama, kata. Herman, Komisi III melanjutkan uji kelayakan dan kepatutan untuk mendengar visi dan misi, program utama dan komitmen calon Kapolri.

Setelah uji kelayakan dan kepatutan selesai, menurut Herman, Komisi III menggelar rapat pleno untuk memutuskan hasilnya, dan seluruh fraksi menyetujui untuk memberhentikan Jendral (Pol) Tito Karnavian dan mengangkat Komjen (Pol) Idham Aziz sebagai Kapolri.

Begitu laporan Komisi III selesai, maka Puan Maharani Ketua sidang paripurna menanyakan kepada seluruh anggota dewan yang hadir untuk persetujuan terhadap Idham Aziz sebagai calon Kapolri terpilih, dan semuanya menyatakan setuju.

"Sekarang perkenankan saya menanyakan sidang dewan yang terhormat, apakah laporan Komisi III DPR RI terhadap uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri tersebut dapat disetujui?" tanya Puan yang disambut dengan kata setuju.

Selanjutnya, DPR akan mengirim surat persetujuan DPR ke Presiden soal calon Kapolri tersebut. Dengan demikian, Joko Widodo Presiden tinggal melantik Komjen (Pol) Idham Aziz menjadi Kapolri.(faz/iss)
top