suarasurabaya.net

Sekjen PDIP Menilai Kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin Memperkuat Basis Pemilih Muslim
Laporan Farid Kusuma | Jumat, 22 Februari 2019 | 13:41 WIB

Hasto Kristiyanto Sekjen PDI Perjuangan (kedua dari kanan), optimistis partainya mendapat banyak dukungan umat Islam pada Pemilu 2019, Jumat (22/2/2019). Foto: Istimewa
suarasurabaya.net| Dalam rilis survei terbaru LSI Denny JA,PDI Perjuangan unggul di kantung suara pemilih Muslim pada Pemilu Legislatif 2019 dengan 18,4 persen mengungguli semua parpol lainnya.

Merespon hasil itu, Hasto Kristiyanto Sekjen PDI Perjuangan menyatakan pihaknya tidak mau jumawa. Dia menilai, hasil prediksi positif itu merupakan efek dari mengampanyekan Jokowi dan KH. Ma'ruf Amin.

"Ini tentu adalah sebuah tanggung jawab bagi kami untuk menjalankan amanat dengan sebaik-baiknya," kata Hasto Kristiyanto sebelum mengikuti Safari Kebangsaan VIII menyusuri wilayah Bandung-Cimahi, Jumat (22/2/2019).

Yang jelas, lanjut Hasto, selama ini PDI Perjuangan banyak diserang, dan mendapat stigma partai yang menjaga jarak dengan Umat Muslim. Bahkan, muncul hoaks, dan berbagai fitnah yang dialamatkan ke partai berlambang banteng moncong putih.

Lebih lanjut, Hasto menegaskan bahwa hasil survei itu telah membuktikan pemilih Muslim banyak memilih PDI Perjuangan.

"Rakyat memahami, dan dari survei LSI terbukti bahwa dukungan mayoritas umat Islam kepada partai politik diberikan kepada PDI Perjuangan," katanya.

Hasto menambahkan, dalam berbagai kesempatan, termasuk Safari Kebangsaan, pihaknya bertemu dengan para habib, pesantren dan lainnya. Dari situ, masyarakat bisa memahami tugas-tugas yang dijalankan PDI Perjuangan.

Hasto mengklaim, dukungan semakin kuat pada Pilpres 2019 karena Joko Widodo selaku calon presiden petahana menggandeng KH Ma'ruf Amin.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin itu melanjutkan, sesudah Pilpres 2004, tidak pernah lagi ada calon dari ulama. Baru Pilpres 2019 ini lagi ada calon ulama.

Hasto menyebut, Kiai Ma'ruf hadir sebagai sosok pengayom dari seluruh komponen bangsa ini.

"Ini mencerminkan keindonesiaan kita. Apalagi ulama yang bersama Pak Jokowi, yakni Pak KH Ma'ruf Amin adalah ulama yang menempati posisi tertinggi sebagai ketua MUI," katanya.

Hasto mengatakan, PDIP akan terus bergerak menggalang dukungan untuk Jokowi-Kiai Ma'ruf. Karena, dengan banyaknya dukungan ke Jokowi, dukungan ke partai juga akan bertambah. (rid/dwi)
top