suarasurabaya.net

Jokowi Calon Presiden Petahana Siang Hari Ini akan Mencoblos di TPS 008 Gambir
Laporan Farid Kusuma | Rabu, 17 April 2019 | 06:22 WIB

Joko Widodo calon presiden petahana. Foto: Dok. suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Hari ini, Rabu (17/4/2019), Rakyat Indonesia berkesempatan menentukan pilihan pasangan presiden serta anggota dewan periode lima tahun mendatang, lewat proses pemilihan umum.

Pemungutan suara oleh Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), akan dilaksanakan serentak di berbagai wilayah Indonesia, mulai pukul 07.00 waktu setempat.

Pada pukul 06.00 WIB, suarasurabaya.net telah berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 149 Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur.

Di TPS yang dibangun secara swadaya masyarakat ini, tercatat ada 249 pemilik suara dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Pantauan di lokasi, sudah ada anggota KPPS dan pihak keamanan yang sedang bersiap menjalankan tugasnya.

Nanti, sesudah menggunakan hak pilih, suarasurabaya.net akan menuju ke TPS 008 Kecamatan Gambir Jakarta Pusat, tempat Joko Widodo calon presiden petahana bersama Ibu Iriana mencoblos.


Suasana jelang pemungutan suara Pemilu 2019 di TPS 149 Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (17/4/2019). Foto: Farid suarasurabaya.net


Rencananya, Jokowi dan Ibu Iriana akan mendatangi TPS yang ada di halaman Kantor Lembaga Administrasi Negara, Jalan Veteran Raya, Jakarta Pusat, pukul 11.00 WIB.

Ada sedikit cerita di balik keputusan Jokowi mencoblos siang hari ini.

Kemarin, Selasa (16/4/2019), suarasurabaya.net dan sekitar 10 orang wartawan yang biasa meliput di Istana Kepresidenan, berkesempatan makan siang bersama Presiden usai acara peresmian Distrik Halal di kawasan Stadion Gelora Bung Karno, Senayan.

Sambil menikmati menu di rumah makan langganannya daerah Kebon Sirih, Jakarta Pusat, mantan Gubernur DKI Jakarta itu berbincang santai dengan para wartawan.

Sesudah bercerita berbagai hal terkait masa kampanye, debat capres, dan kejadian unik waktu menjalankan Ibadah Umroh beberapa hari yang lalu, Jokowi menanyakan kepada wartawan kapan sebaiknya dia mendatangi TPS untuk mencoblos.

Karena kami para wartawan juga ingin menggunakan hak pilih di TPS yang terdaftar, maka kami mengusulkan supaya calon presiden nomor urut 01 mencoblos pukul 11.00 WIB.

Dan ternyata, Jokowi setuju dengan usulan itu. Sambil tersenyum, dia mengatakan, OK besok saya nyoblos pukul 11 siang.

Sementara itu, Ma’ruf Amin calon wakil presiden pendamping Jokowi, dijadwalkan mencoblos di TPS 051, daerah Koja, Jakarta Utara.

Lalu, Prabowo Subianto calon presiden nomor urut 02 terdaftar di TPS 041, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sedangkan Sandiaga Uno cawapres 02 akan menggunakan hak pilihnya di TPS 002, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Seperti diketahui, pemungutan suara untuk memilih pasangan calon presiden dan anggota legislatif periode 2019-2024 akan dilaksanakan serentak di dalam negeri pada hari ini.

Berdasarkan data KPU, jumlah pemilik suara di dalam negeri sebanyak 190 juta orang yang tersebar di 809.699 tempat pemungutan suara.

Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, harus bersaing mendapatkan dukungan mayoritas masyarakat untuk duduk di kursi RI 1 dan RI 2 periode lima tahun ke depan. (rid/iss)
top