suarasurabaya.net

Prabowo-Sandi Hanya Dapat 13 Persen Suara di Selandia Baru
Laporan Muchlis Fadjarudin | Kamis, 18 April 2019 | 15:35 WIB

Proses perhitungan suara di KBRI Wellington, Rabu (17/4/2019). Foto: Istimewa
suarasurabaya.net| Pemilihan Umum 2019 di Selandia Baru berlangsung dengan lancar, tertib dan aman pada tanggal 13 April 2019. Selanjutnya penghitungan suara telah dilakukan pada tanggal 17 April 2019 secara serentak dengan Indonesia.

Kertas suara yang dihitung dari 2 (dua) TPS yaitu Wellington adan Auckland serta dari Pos, WNI di Selandia Baru sangat antusias mengikuti perhelatan akbar demokrasi lima tahunan ini. Begitupun dengan penghitungan suara yang langsung disiarkan live streaming melalui fanpage facebook PPLN Wellington.

Demikian ditegaskan Tantowi Yahya Dubes RI untuk Selandia Baru dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/4/2019).

Menurut Tantowi, masyarakat Indonesia yang datang tidak hanya dari kota Wellington dan sekitarnya. Tetapi WNI juga ada yang datang dari salah satu kota di Selandia Baru yaitu Tauranga, untuk mengawal Pemilu yang bersih dan jujur.

Tantowi Yahya mengaku bersama Dewi Yahya istrinya beserta staf ikut hadir menyaksikan penghitungan suara.

"Saya istri saya beserta jajaran staf KBRI Wellington juga hadir menyaksikan penghitungan suara yang dimulai sejak pukul 6 sore waktu setempat," jelas Tantowi.

Dari hasil penghitungan suara untuk Calon Presiden/Wakil Presiden, kata dia, pasangan calon (paslon) nomor 01 yakni Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin unggul melesat jauh dengan perolehan 85 persen (2.085 suara). Sedangkan paslon nomor 02 yakni Prabowo-Sandiaga Uno peroleh 13 persen (312 suara), dan 2 persen (44 suara) surat suara tidak sah.

Sementara itu, untuk pemilihan legislatif anggota DPR RI suara terbesar diambil oleh PSI dengan 37.82 persen, disusul oleh PDI-P (37.38 persen), PKS (7.30 persen), Gerindra (3.4 persen), Nasdem (2.99 persen), Golkar (2.86 persen) dan PKB (2.59 persen). Partai lainya seperti PAN, Demokrat, Perindo, PPP, Hanura, PBB, Garuda, Berkarya dan PKPI memperoleh suara di bawah 2 persen.

"Antusiasme yang ditunjukkan masyarakat Indonesia di Selandia Baru untuk berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan Pemilu menunjukkan optimisme dan harapan besar terhadap masa depan Indonesia yang lebih baik, maju dan sejahtera," tegasnya.

Tantowi juga mengapresiasi seluruh Panitia Penyelenggara Pemilu Luar Negeri Selandia Baru dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri yang telah bekerja dengan jujur dan professional sehingga Pemilu di Selandia Baru berjalan dengan lancar, tertib, aman dan meriah.(faz/tin/rst)

top