suarasurabaya.net

Chef di Surabaya Ciptakan Giant Sushi Berdiameter 15 cm
Laporan Agung Hari Baskoro | Kamis, 14 Maret 2019 | 18:55 WIB

Sushi berukuran "tak biasa" dengan diameter hingga 15cm hasil karya dari Mudlofir Chef Grand Dafam Hotel menciptakan di Restoran Grand Dafam, Surabaya pada Kamis (14/3/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Mudlofir Chef Grand Dafam Hotel menciptakan Sushi berukuran "tak biasa" dengan diameter hingga 15cm di Restoran Grand Dafam, Surabaya pada Kamis (14/3/2019). Ia mengaku terobsesi membuat sushi berukuran besar karena melihat fenomena kuliner saat ini yang rata-rata sudah memiliki sajian dalam ukuran besar.

"Ambil rata-rata makanan apapun sudah ada yang giant, besarlah. Kenapa kita gak berpikir, dibikin untuk sushi. Sushi kan rata-rata itemnya kecil-kecil. Kita pengen coba yang besar, saya terobsesi bikin yang besar," ujar Mudlofir ketika ditemui di Restoran Grand Dafam, Surabaya pada Kamis (14/3/2019).

Ia mengatakan, pembuatan sushi yang ia namai sebagai Giant Sushi ini merupakan persiapan dari event yang akan digelar pada 22-23 Maret 2019 yaitu "Japanase Sushi Festival".


Chef Mudlofir dari Grand Dafam Hotel. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Di event ini, para pengunjung bisa menikmati dan mencari tau mengenai berbagai macam jenis sushi dan cara membuatnya. Ia menyebut, pembuatan makanan tradisional Jepang tersebut sebenarnya sangat mudah.

"Sebetulnya bahan yang dipakai mudah ya, yang penting kita ada beras japanese rice, kalau gak ada bisa pakai beras biasa dengan kadar air yang agak tinggi, terus masaknya dicampur agar-agar powder yang plain, kita masak biasa di rice cooker biasa," katanya.

Pada pembuatan Giant Sushi, ia memilih membuat sushi bertipe Nori Maki, atau Sushi tipe gulung. Sushi jenis ini memiliki ciri khas yaitu nasi dan bahan makanan lainnya digulung menggunakan lembaran nori atau rumput laut. Giant Sushi yang dibuatnya terdiri dari belasan sushi tipe Nori Maki kecil, yang digulung dan disatukan dengan nori dan nasi dengan ukuran lebih besar. (bas/tin/rst)
top